Sayur Bayam Berkhasiat Untuk Mencegah Anemia

Sayur Bayam Berkhasiat Untuk Mencegah Anemia
Sayur Bayam Berkhasiat Untuk Mencegah Anemia

Pasti kalian tidak asing dengan sayur bayam. Sayur bayam menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Alasan mengapa orang banyak mengonsumsi sayuran ini adalah karena bayam memiliki kadungan gizi dan vitamin yang banyak. Disini kita akan membahas tentang kandungan yang terdapat pada sayur bayam.

Dalam 100 gram bayam segar terdapat karbohidrat sebanyak 3,2 gram, protein sebanyak 2,3 gram dan zat besi sebanyak 3 gram. Bayam memiliki bermacam-macam vitamin serta mineral yang sant dibutuhkan oleh tubuh. Mari kita bahas secara detail kandungan vitamin serta mineral dalam sayur bayam. Apabila di ukur dalam berat 100 gram, maka kandungan yang terdapat sayur bayam ialah:

  1. Air : 91%
  2. Protein: 2,9 gram
  3. Karbohidrat: 3,6 gram
  4. Gula: 0,4 gram
  5. Serat pangan: 2,2 gram
  6. Lemak: 0,4 gram

Sayur bayam memiliki karbohidrat yang sebagian besarnya yaitu serat. Sayur ini juga memiliki sedikit gula yang berwujud glukosa dan fruktosa. Serat dalam sayur bayam terkategori sebagai serat tidak larut air yang berfungsi sebagai memadatkan feses dikala makanan melewati usus.

Untuk kandungan vitamin yang terkandung dalam sayur bayam juga sangat banyak. Berikut daftar vitamin-vitamin tersebut.

Provitamin A: Bayam kaya hendak karoten

Vitamin C: Vit C merupakan molekul antioksidan yang menolong melindungi kesehatan kulit, dan berfungsi untuk imunitas tubuh manusia.

Vitamin K1: Vitamian ini sangat esensial buat pembekuan darah. Satu helai daun bayam memiliki lebih dari separuh kebutuhan setiap hari kita terhadap vitamin K1.

Vitamin B9: Diketahui vitamin B9 juga bagaikan folat ataupun asam folat, vitamin B9 sangat berarti buat perempuan berbadan dua.

Selain itu bayam juga mengandung vitamin B6 dan vitamin E.

Tidak hanya mengandung banyak vitamin, bayam juga mengandung banyak mineral. Mineral yang terkandung pada sayur bayam termasuk:

  1.   Zat besi: Zat besi menjadi mineral paling banyak yang terkandung dalam sayur bayam. Zat besi dapat menolong dalam penciptaan hemoglobin. Hemogoblin adalah komponen sel darah merah yang berfungsi untuk transportasi oksigen ke seluruh tubuh.
  2.   Kalsium: Kalsium adalah mineral yang sangat penring untuk kesehatan tulang. Kalsium juga berfungsi dalam penyampaian sinyal untuk sistem saraf, jantung serta otot.
  3.   Magnesium: Mineral ini berfungsi dalam menjaga metabolisme tenaga, melindungi saraf serta otot, mengendalikan ritme jantung dan memelihara sistem kekebalan tubuh. Selai itu, magnesium juga berfungsi untul mengatur tekanan darah.

Kandungan dalam sayur bayam memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Diantaranya yaitu unuk melindungi kesehatan jantung, menghindari penyakit kanker, menjadikan tulang lebih kuat dan baik untuk kesehatan pembuluh darah. Selain itu, sayur bayam peran yang penting untuk mencegah atau mengobati penyakit kekurangan darah(Anemia). Dengan adanya kandungan vitamin c dan juga zat besi yang terdapat pada sayur ini, anemia dapat diobati. Hal itu dikarenakan vitamin C dan zat besi dapat membantu tubuh untuk mempercepat produksi sel darah. Apabila dirasa kurang, Anda dapat mengonsumsi suplemen penambah darah untuk mempercepat produksi sel darah. Bagaimana cara mengonsumsi suplemen tersebut? Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk menanyakan dosis yang sesuai dengan tubuh Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.