Sumber Makanan Penambah Darah

Sumber Makanan Penambah Darah
Sumber Makanan Penambah Darah

Terdapat beberapa faktor penyebab anemia, seperti kurang nya zat besi ataupun masalah genetik (keturunan). Ada banyak makanan yang dapat digunakan untuk penambahan darah dan bisa membantu mengatasi anemia. Makanan apa saja yang cocok untuk menambah darah bagi penderita anemia?

Tubuh kita sangat memerlukan tambahan asupan dengan mengonsumsi vitamin, nutrisi, serta mineral dengan jumlah yang cukup agar tubuh kita terus menghasilkan sel darah merah dengan baik. Menghindari KURANG DARAH bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan harus di imbangi dengan suplemen penambah darah. Berikut merupakan macam-macam makanan yang berfungsi untuk penambah darah bagi orang anemia.

1. Makanan tinggi zat besi

Makanan yang kaya akan kandungan zat besi sangat penting untuk penambah darah bagi para penderita anemia. Seperti yang kita ketahui bahwa sel darah merah mememrlukan hemoglobin, maka dari itu zat besi sangat penting untuk pembuatan hemoglobin. Berikut ini termasuk contoh makanan untuk penambah darah dan asupan zat gizi paling banyak dan paling sering ditemukan dari sumber hewani, yaitu:

• Daging merah, seperti daging sapi, kambing

• Unggas, seperti ayam, bebek

• Jeroan, seperti paru, hati sapi

• Makanan laut, seperti ikan

Tubuh dapat menyerap sebanyak 70% zat besi yang berasal dari sumber hewani. Selain itu, kita juga bisa memperoleh tambahan asupan dari sumber nabati, seperti bayam, brokoli, sawi hijau.

2. Makanan kaya tembaga (copper)

Tubuh kita juga perlu makanan yang mempunyai kandungan mineral tembaga. Makanan yang mempunyai kandungan mineral tembaga merupakan salah satu asupan yang cukup penting untuk penambah darah. Kandungan yang terdapat pada mineral tembaga berguna untuk membantu tubuh dalam memaksimalkan produksi sel darah merah. Jika kadar sel darah merah yang ada dalam tubuh rendah, maka jumlah zat besi yang bisa diserap tubuh juga menjadi sedikit. Hal itu akan mengakibatkan proses pembuatan hemoglobin dalam sel darah merah terhambat. Cukup banyak makanan yang mengandung mineral tembaga. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan penambah darah yang tinggi akan kandungan mineral tembaga yang cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita anemia:

• Gandum utuh

• Kacang-kacangan

• Daging unggas seperti ayam dan bebek

• Makanan laut seperti seafood

• Buah ceri dan juga cokelat

3. Makanan yang kaya akan vitamin

Kekurangan vitamin A juga bisa menjadi faktor dari timbulnya gejala anemia, karena jika tubuh kekurangan vitamin A bisa memperlambat tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang sehat. Jika kurang mengonsumsi vitamin A penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi tidak stabil.

Itulah beberapa sumber makanan yang bisa digunakan untuk mengobati dan meminimalisir gejala anemia. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen penambah darah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *